Rabu, 05 Januari 2011

Teori YIN YANG

TEORI YIN YANG: sehat YIN YANG seimbang dalam semua aspek kehidupan.
Teori YIN YANG menjadi falsafah dasar pengobatan akupuntur/pijat akupungtur juga meliputi semua materi atau benda dengan gejala-gejalanya, yang ada dalam alam semesta , semua materi dan gejalanya dapat dikelompokkan kedalam dua kelompok/, golongan besar. Oleh karena banyak ragamnya, maka untuk memudahkan mengingat kedua golongan dari hal-hal tersebut diatas, dinamakan dengan golongan YIN dan YANG, seperti penamaan yang sudah ada sebelumnya.
YIN dan YANG adalah dua buah materi atau benda dengan gejala-gejalanya, yang sifatnya saling mendasari, saling mempengaruhi, saling menunjang, saling tarik menarik, tidak mutlak dan yang terpenting adalah keduanya saling bertentangan tetapi membentuk satu kesatuan yang utuh dalam suatu keseimbangan yang harmonis dan dinamis.
Contoh YIN YANG :
Dalam alam semesta
YIN : Gelap, malam, air, basah/lembab, dingin, bawah, dalam, barat, utara.
YANG : Terang, siang, api, kering, panas, atas, luar, timur, selatan.
Dalam penyakit
YIN : Kronis, tenang, lama, dingin, lembab.
YANG : Akut, gelisah, baru, panas, kering.
Watak YIN YANG
Jika kita perhatikan dengan seksama kedua kelompok tersebut diatas maka kita dapat menarik kesimpulan bahwa, seseorang dapat dianggap sehat kalau YIN dan YANG dalam kehidupannya harmonis. Hilangnya keseimbangan YIN dan YANG didalam tubuh atau kehidupannya, akan mengakibatkan keadaan yang dimaksud abnormal. Dalam ilmu pijat akupungtur keadaan ini disebut sebagai kelainan penyakit /sakit. Jadi yang dimaksud sakit pada seseorang adalah hilangnya keseimbangan YIN YANG.
[Dikutip dari buku pembekalan masa pension PLN,]
Sebuah teori hidup sehat yang menarik ala YIN YANG, dalam ajaran sebuah agama yaitu Islam juga mengajarkan adanya keseimbangan dalam hidup dan pola hidup. Seperti adanya do’a “mohon bahagia dunia dan akhirat” anjuran dari sunnah Rasul bagaimana tata cara makan yang baik yaitu makan secukupnya tanpa berlebihan dengan menjaga dan membagi isi perut menjadi tiga bagian/ruang yaitu:
1. Satu bagian untuk Udara [1/3 perut untuk Udara]
2. Satu bagian untuk Air [1/3 perut untuk Minum]
3. Satu bagian untuk makanan [1/3 perut untuk makan]
Selain itu dalam Al Qur’an disebutkan bahwa yang meraih kebahagiaan Dunia [hidup sehat] dan kebahagiaan akhirat adalah orang-orang yang jiwanya tenang dan hati bersih dari berbagai macam pikiran yang merugikan dan sia-sia belaka.
Dari pemaparan teori YIN YANG serta kutipan hidup sehat Islami diatas dapat disimpulkan bahwa kunci utama hidup bahagia dan sehat adalah adanya keseimbangan antara YIN YANG dala semua aspek kehidupan, dalam Islam keseimbangan dunia dan akhirat, tidak terlalu cinta dunia dan tidak pula meninggalkan dunia. Sehingga “ketenangan hati akan mewujudkan kehidupan bahagia dan sehat”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post